www.ndalemgamelan.com
 
Kalender

Untitled Document
23 November 2017
SunMonTueWedThuFriSat
2930311234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293012
2345678

Link

Booking via Agoda

Layanan Online


ndalemgamelan




Indonesia English
The House

Luas total tanah beserta bangunan nDalem Gamelan sekitar 800 m2. Bangunan rumah utama terdiri dari dua bagian: ruang tamu yang ditandai dengan lantai bercorak ramai dan bagian samping rumah yang berlantai kuning polos. Dua kamar tidur utama langsung menghadap ruang tamu. Lantainya dari tegel (antique cement tile) buatan pabrik yang menjaga tradisi proses pembuatan sejak zaman penjajahan Belanda (sampai sekarang). Dari samping rumah – masih dibiarkan bertegel asli/tua warna kuning – ada pintu langsung ke trotoar jalan. Dari sinilah akses untuk dapat berinteraksi langsung dengan denyut kehidupan kawasan Jero Benteng.

Selain itu, ada rumah belakang beserta taman yang terpisah dari bangunan rumah utama. Rumah belakang yang dilengkapi teras ini tidak setua bangunan rumah utama.

Sebagian besar tembok rumah utama masih asli, seluruh pintu dan tiang jatinya masih penginggalan lama. Ruang tamu berundakan merupakan sisa budaya masa silam. Saat masih terdapat perbedaan strata sosial, di undakan ini abdi dalem biasa duduk di lantai berkomunikasi dengan pemilik rumah. Ada ruang/kamar kecil tanpa pintu tepat di tengah ruang tamu disebut sentong yang sebenarnya merupakan bagian utama rumah. Samping rumah (tegel kuning polos), dulu biasa digunakan untuk menerima tamu dari strata sosial lebih rendah.

Karena bangunannya unik dengan perabot rumah antik, dikelilingi taman-taman yang asri dan halaman cukup luas, nDalem Gamelan beberapa kali dipinjam sebagai tempat berlangsungnya pesta pernikahan yang romantis.

Di nDalem Gamelan anda bisa menikmati pijatan (“by request”) sambil jangan lupa minum jamu beras kencur atau kunir asem dicampur es yang bisa dibeli saat siang hari, tepat di seberang rumah. Sedangkan malam, adalah momen paling mengesankan di nDelem Gamelan. Ada teras/beranda depan untuk tempat bekumpul, sambil menghirup wedang jahe panas yang dijual di samping rumah.

Di kawasan ini masih dapat dijumpai rumah-rumah tua yang di antaranya berhalaman cukup luas dengan naungan pohon sawo tua yang lebat. Mengelilingi kawasan Jero Benteng sampai ke keraton dan alun-alun, paling pas dengan naik becak di saat pagi atau sore saat matahari tak lagi terik. Dengan becak pun Malioboro yang terkenal dapat ditempuh dalam waktu  tak terlalu lama.

Menginap di nDalem Gamelan, maka Anda penghuni sekaligus pemilik rumah artistik ini. Dikarenakan letaknya di dalam kawasan Benteng Keraton, dimana Keraton merupakan tempat sakral dalam Budaya Jawa, penghuni pun diharapkan tidak membuat kondisi yang dapat merusak keasrian budaya Jawa.



Tentang Kami  ::   Fasilitas dan Layanan Kami  ::   Foto Galeri  ::   Paket Wisata       Berita & Event  ::   Kontak Kami     WEBMAIL    
Copyright © 2009 ndalemgamelan.com All right Reserved
Web Development by YOGYAweb.com